Hadirkan semangat Earth Hour setiap saat

Nyatakan dukungan Anda untuk perubahan iklim. Matikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam pada Earth Hour 2012, Sabtu  31 Maret  pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

Jakarta (06/03)-31 Maret 2012 nanti, Indonesia sekali lagi berpartisipasi dalam inisiatif global yang dikenal dengan Earth Hour. Kampanye yang inisiatif pertamanya diawali oleh WWF di seluruh dunia ini adalah simbol kesadaran penghematan energi sebagai bentuk dukungan terhadap dampak perubahan iklim.

Earth Hour pertama kali diselenggarakan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 di Sydney.Saat itu, 2,2 juta warga ikut ambil bagian. Kemudian, kampanye ini menyebar ke seluruh dunia, dengan Indonesia pertama kali berpartisipasi pada tahun 2009.

Partisipasi dalam acara tersebut cukup sederhana: selama satu jam, mematikan semua lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan. Saat Earth Hour berlangsung selama 60 menit di Sydney, diperkirakan efek terhadap lingkungan setara dengan mengambil 48.613 mobil dari jalan selama satu jam. Jelas, dampaknya signifikan. Lalu, pertanyaanya adalah: kenapa harus menunggu untuk berpartisipasi di Earth Hour?

Earth Hour merupakan tonggak penting dalam perang melawan dampak perubahan iklim. Menjadi individu yang “sadar energi”  tidak cukup hanya sekali dalam setahun. Dengan sejumlah langkah ini, Anda dapat membuat perbedaan setiap jamnya. Di bawah ini adalah beberapa contohnya:

  • Matikan semua lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai
  • Gunakan AC hanya jika diperlukan
  • Cabut semua perangkat elektronik yang tidak terpakai.
  • Pilih perangkat elektronik hemat energi
  • Gantungkan pakaian basah Anda di luar, daripada menggunakan pengering
  • Tinggalkan mobil Anda di rumah. Berjalan dan naik sepeda, untuk jarak dekat, atau gunakan transportasi umum sebagai gantinya.

Nyatakan dukungan Anda untuk perubahan iklim. Matikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam pada Earth Hour 2012, Sabtu  31 Maret  pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s