Website Gappala (since 1998)

Mendaki gunung bukan hanya kegiatan milik mahasiswa atau pelajar yang biasanya menyebutkan jati diri mereka sebagai pecinta alam, kegiatan alam bebas atau dunia petualangan ini memang sangat menantang bagi siapa yang mengemarinya, tidak ayal lagi kelompok pecinta alam lahir dimana-mana.

Walaupun kegiatan alam bebas identik dengan sebutan pecinta alam namun sesungguhnya ada perbedaan yang sangat tipis yang terkadang sulit membedakan keduanya karena kedua-duanya bermain dialam dan mengukir cinta mereka disana.

Namun saya lebih senang menyebut sebagai pendaki seja, sederhana dan tidak membawa nama beban yang berat walupun didalam diri tetap bangga bila ada yang menyebut sebagai pecinta alam.

Tahun 1989 saya awal mengenal yang namanya pecinta alam,maklumlah nama itulah yang memang sangat enak didenger dimandingkan nama lainnya, entah ikut-ikutan atau ada alas an lainnya, tahun 1990 seorang teman memberanikan diri untuk mendirikan kelompok yang saat ini kami sebut sebagai gappala ditambah angka keramat yaitu 14 , jadilah gappala14 yang saya sendiri tidak tahu menahu berdirinya kelompok ini awalnya.

Kegiatan pertama kali adalah mengadakan latihan dialam bebas tepatnya di daerah bogor “curug luhur” disanalah sebagain anggota baru dimapras habis-habisan, pukulan dan gamparan ternyata mewarnai acara pelantikan tersebut, Alhamdulilahnnya saya nggak menjadi anggota peserta namun jadi salah satu mentor yang baik hati pada waktu itu 

Acara diakhiri dengan proses balas dendam yang unik, setiap anggota boleh membalas dengan pukulan atau hukuman lainnya, tentunya macam-macam yang mereka lakukan termasuk main tanggan pun terjadi. Sialnya saya mendapatkan satu hukuman yang sampai hari ini nggak bisa dilupakan. Nggak usah disebutkanlah, namun hukuman tersebut menjadi kenangan yang manis.

Acara berakhir dengan damai dan akrab, tidak ada rasa dendam semua bisa tersenyum manis ditengah kelusuhan yang ada, namun kegiatan inilah pemicu bergabungnya berbagai pemuda disekitarnya hingga sampai-sampai diluar wilayah yang sudah ditentukan.

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh kelompok ini, hamper setiap liburan pasti ada saja manusia-manusia gappala mengunjungi gunung-gunung di Pulau jawa ini. Tidak heran bila mendaki gunungpun menjadi acara tahunan skedar ngumpul bareng atau sekedar rekreasi dengan alam.

Pengalaman masing-masing anggota memang tidak merata, solusinya pada waktu itu adalah membuat diktat yang dikumpulkan dari beberapa diktat milik pecinta alam lainnya, karena kebutulan sebagian anggota gappala memang adalah para mahasiswa maupun pelajar yang kebetulan menjadi salah satu anggota pecinta alam dikampusnya, jadilah diktat milik gappala yang terlalu formal sekali pada waktu itu.

Ditahun 1995 ide saya kepada kawan-kawan disambut baik dengan menuliskan pengalaman masing-masing anggota dalam bentuk kisah perjalanan mereka, setidak-tidaknya informasi mengenai jalur pendakian dan pengalaman mereka bisa dibaca oleh rekan-rekan lainnya, yg belum tentu mereka paham dengan segala teori dalam diktat yang dibacanya, melalui tulisan yg mereka buat jadilah seperti cerpen atau malah kadang-kadang seperti curhat disaat perjalanan mereka.

Sepertinya sayang bila tulisan-tulisan dari karya anak-anak ini hanya dibaca oleh kami, jadilah tahun 1997 sebuah situs yg pada waktu itu kami beri nama http://wdc.berawi.net yg isinya adalah pengalaman – pengalaman temen-temen digappala. Memang ada pertanyaan dari temen-temen kenapa menggunakan nama wdc, maklumlah pada waktu itu salah satu ketua pengurus salah satu pecinta alam dilingkungan sebuah kampus ingin nama itu saja yang digunakan. Wdc itu sendiri kepanjangan dari Wana Dian Cala salah satu satu kegitana mapala di Kampus ITBU Jakarta Timur.

Akhirnya selang tahun kemudian namanya kami rubah menjadi nama gappala, alamat masih disitus gratisan di program dengan menggunakan PHP di alamat http://gappala.f2s.com.

Tahun 1999 lagi-lagi perubahan besar-besaran dilakukan di situs gappala, perubahan konten dan bahasa pemrograman yang awalnya menggunakan php diganti dengan ASPnya microsoft, jadilah situs yang dikenal dengan nama http://pendaki.4-all.org situs ini beberapa kali sempat dibahas dibeberapa majalah computer dan juga majalah lainnya.

Namun sekali lagi situs tersebut dibuat hanya satu tujuan yaitu untuk berbagi pengalaman dan juga persahabatan. Dan tidak ada dalam hati kami mau pamer dengan apa yang telah kami lakukan. Insya Allah hingga situs yang anda baca saat ini, semoga Tuhan selalu meluruskan niat kami dalam pengabdian.

Tahun 2000 hingga tahun 2002 bermunculan tren baru yaitu mailing-list khusus mengenai kegiatan alam terbuka, dan tentu anggota gappala yang kebetulan punya akses internetpun ikut-ikutan gabung dengan milis tersebut, kalau tidak salah seperti milis pangrango awalnya hingga ke milis pendaki dan beberapa milis lainnya. Namun seiring waktu berjalan anggota-anggota gappala tidak terlihat lagi di beberapa milis tersebut. Tercatat oleh saya sekitar 15-20 orang anggota gappala yang pernah online dibeberapa milis tersebut.

Namun saya nyakin masih ada beberapa orang yang masih aktif walaupun tidak seaktif sebelumnya. Satu alasan yang kuat adalah karena perubahan pemikiran dan regenerasi yang lebih baru yang punya pandangan sendiri. Dan ditahun 2005 dibentulah kepengursan baru dari generasi terbaru yang lebih bebas dan terbuka, dan sekali lagi misi dan visi tetap sama, yaitu sebagai kegiatan pemuda yang bersifat masyarakat dan sosail jadi wajarlah kalau gappala tidak banyak ambil bagian dalam kegiatan diluar itu, walaupun ada atas nama pribadi masing-masing.

Melalui situs gappala.or.id ini kami dari gappala berupaya memberikan wadah bagi rekan-rekan secara umum dan terbuka bersama membangun pengetahuan, persahabatan dan berbagi pengetahuan. Dan tentunya situs ini akan sangat terbuka bagi siapa saja. Karena awal hingga akhir kelak situs ini tidak mampu bertahan kami tetap dalam misinya yaitu berbagi pengetahuan yang kita miliki, karena hanya ini yang baru bisa kami lakukan sejak tahun 1997 jadi inilah sumbangsih kami kapada segenap penggiat alam bebas dimanapun berada. Bagaimanapun juga kami tidak selalu hitam atau putih.

Note : Sejak Bulan Agustus 2007, gappala bekerja sama dengan Kioss.com untuk membangun situs ini, kioss.com yang di komandani oleh Luri darmawan telah menyiapkan suber daya berupa server untuk Hostnya gappala.or.id

Insya Allah situs ini akan tetap bertaham, amin

18 Juni 2006
Ditulis oleh : Yanweka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s